Jalur Mudik Jakarta menuju Jawa Tengah serta Pantura

Jalur Alternatif Masih Padat
Rental Mobil Jakarta, Pada hari kedua Lebaran, Senin (20/8/2012), arus mudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah, masih memadati jalur-jalur alternatif di Jawa Barat. Selain jalur alternatif Sadang- Kalijati-Kota Subang yang dipadati kendaraan roda empat, jalur alternatif Kadipaten-Majalengka-Sumber-Cirebon juga masih dipadati kendaraan pemudik hingga Senin malam.

Saat melintasi Kota Subang-Cikamurang, arus kendaraan pemudik memang tidak begitu padat. Namun sesampainya di Kadipaten, kemacetan mulai terasa. Ini disebabkan, Kadipaten menjadi titik pertemuan kendaraan dari arah Subang-Cikamurang-Kadipaten serta dari arah Bandung-Sumedang-Kadipaten.

Kemacetan semakin parah saat memasuki jalur alternatif Majalengka-Sumber-Cirebon. Kendaraan yang akan masuk pinto tol Ciperna menuju Jawa Tengah terhadang kemacetan parah sejak Rajagaluh (Kabupaten Majalengka) hingga perempatan Cikalahang.

Kendaraan nyaris tidak bergerak. “Jarak lima kilometer harus ditempuh hampir dua jam. Padahal, biasanya tak sampai 15 menit,” kata Arie Wibowo (24) yang sedang mengisi bahan bakar di SPBU sekitar Cikalahang.

Meski puluhan polisi sudah diterjunkan, kemacetan hingga Senin malam masih terjadi. Selain jalur yang sempit, adanya tempat wisata di sekitar Telaga Remis dan Cikalahang juga turut andil menyebabkan kemacetan.

Pantura Masih Padat
Pada hari kedua Lebaran, Senin (20/8/2012), jalur pantai utara Jawa Barat terutama antara Cikampek hingga Kabupaten Indramayu masih padat. Kepadatan ini berlangsung sejak pagi hingga malam hari.

Sejak pagi hingga sore, pintu tol Cikopo Cikampek masih dipadati kendaraan dari arah Jakarta yang menuju ke arah Jawa Tengah. Antrean kendaraan memanjang hingga lebih dari tiga kilometer.

Meski polisi menerapkan sistem buka tutup di Simpang Jomin, kemacetan tetap sulit terurai. Kepadatan kendaraan ini terjadi hingga di Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Bahkan di beberapa titik, seperti di Ciasem dan Pamanukan di Kabupaten Subang, serta di Sukra dan Lohbener di Kabupaten Indramayu, terjadi kemacetan cukup parah.

“Biasanya Cikampek-Indramayu hanya memerlukan waktu tiga jam. Hari ini Cikampek-Jatibarang butuh waktu tujuh jam,” kata Suroso (52), yang sedang mengisi bahan bakar di SPBU Jatibarang, Senin malam. Pengendara lain menyampaikan keluhan serupa.

Kepadatan arus kendaraan juga terlihat di jalan tol Palimanan-Kanci (Cirebon) hingga Pejagan di Kabupaten Brebes. Beberapa pengemudi yang kelelahan, terpaksa beristirahat di tepi jalan tol karena tempat peristirahatan (rest area) di Palimanan-Kanci, juga masih dipadati kendaraan pemudik sehingga sulit mencari tempat parkir untuk beristirahat. (kompas.com)

About AdeS

Manager Gloria Rent Car Cabang DKI Jakarta. AdeS
This entry was posted in Transportasi and tagged . Bookmark the permalink.