Indonesia Disukai Investor Otomotif

INVESTOR asing masih menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap Indonesia. Itu ditunjukkan dengan semakin meningkatnya realisasi investasi yang dilakukan pemodal asing, terutama Jepang. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebut investasi asal `Negeri Sakura’ mencatat pertumbuhan yang sangat signifikan dalam tiga tahun terakhir.Pada 2013 nilai investasi Jepang mencapai US$715 juta, atau meningkat hingga 700% .

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), selama kuartal I 2014 Jepang mencatatkan realisasi investasi sebesar US$951,9 juta atau nomor dua setelah Singapura yang mencapai US$1,3 miliar. “Mayoritas dari investasi itu datang dari industri otomotif,“ kata Lutfi saat membuka Indonesia International Motor Show 2014 di Jakarta, kemarin.

Mantan Kepala BKPM itu berkeyakinan industri otomotif akan memainkan peran penting bagi perekonomian Indonesia. Itu lantaran industri otomotif memberi ruang dan peluang bagi industri komponen yang didominasi in dustri kecil dan menengah. Lutfi optimistis dalam lima tahun ke depan, ekspor mobil berikut komponen otomotif akan menyabet posisi tiga besar dari total ekspor Indonesia. “Setelah produk turunan kelapa sawit dan alas kaki,“ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi mengatakan para agen tunggal pemegang merek (ATPM) telah mendirikan pabrik dan terus menaikkan produksi. “Jika 2013 produksi 1,36 juta unit, akhir tahun ini meningkat jadi 1,99 juta unit.“ Pengembangan produksi itu ju ga harus ditopang dengan industri komponen. Saat ini, dari 100 perusahaan komponen yang mendapatkan izin membangun pabrik, sudah ada sekitar 30 pabrik yang terealisasi.

Namun, seluruh kegiatan investasi itu bukan tanpa syarat.Pemerintah perlu memangkas ekonomi biaya tinggi, seperti memperbaiki infrastruktur jalan atau pelabuhan. (Xan/Wib/X-10) Media Indonesia, 19/09/2014, halaman 1

About AdeS

Manager Gloria Rent Car Cabang DKI Jakarta. AdeS
This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.