Honda HR-V Melanjutkan Godaan ke Daratan Eropa

SETELAH sukses membetot animo publik Tanah Air pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, September lalu, kini Honda HR-V mencoba menggoda pasar Eropa melalui penampilannya di Paris Motor Show, Prancis.

Seperti halnya ketika muncul di Indonesia yang merupakan penampilan perdananya di Asia Tenggara, kehadiran HR-V Prototype di Paris juga menjadi debut pertama di daratan Eropa. Namun, agak sedikit berbeda, Honda HR-V versi Eropa dibekali mesin Earth Dreams Technology 1.5 liter i-VTEC bensin dan 1.6 liter i-DTEC diesel.

Sekadar mengingatkan, untuk pasar Indonesia, model crossover utility vehicle (CUV) pertama keluaran Honda itu diperkuat oleh mesin Earth Dreams Technology 1.5 liter dan 1.8 liter. “Dua-duanya menerapkan teknologi yang menyeimbangkan efisiensi bahan bakar dan output tenaga yang maksimal,“ kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy, ketika itu.

Dengan membawanya ke pameran otomotif di Paris yang legendaris itu, Honda betul-betul ingin memperlihatkan bahwa kini mereka punya andalan `baru tapi lama’ untuk pasar global. Disebut begitu karena sejatinya HR-V pernah diluncurkan di sebagian pasar Eropa pada awal 2000-an lalu. Kemunculannya kini menjadi kelahiran kembali dari mobil SUV kompak yang juga kerap disapa `Baby CR-V’ itu.

Apa yang istimewa dari HR-V? Large Project Leader of Honda HR-V Naohisa Morishita yang September lalu datang ke arena IIMS menjelaskan HR-V ialah kendaraan kompak yang memadukan cita rasa personal khas coupe, ketangguhan SUV, dan utilitas MPV. “Kami menyebutnya crossover Honda HR-V,“ sergah dia.

Naohisa juga menerangkan, sebagai produk global, spesifikasi HR-V yang dipasarkan di Indonesia dan di negara lain, termasuk Eropa, tidak memiliki perbedaan mencolok. Hanya ada sejumlah penyesuaian terhadap kondisi yang menjadi tuntutan dari setiap negara yang akan menjual mobil tersebut.

“Kita pastikan semuanya benar-benar sama spesifikasi dan kualitasnya, baik yang di luar negeri maupun di sini (Indonesia),“ ujarnya. Honda HR-V hadir dengan tampilan desain eksterior yang tangguh (tough), tetapi menggoda (seductive). Nuansa coupe sangat terlihat pada garis atap Honda HR-V yang selain terlihat menggoda, juga memberikan aerodinamika terbaik.

Meski demikian, ia tetap terlihat tangguh dan tegas dengan perpaduan garis garis tajam dan kurva pada sekujur bodi. Apalagi, bagian depannya mengadopsi karakter solid wing face khas Honda yang tajam nan sporty.

Di interior, HR-V diklaim memiliki kabin lapang meskipun beratap model coupe yang melandai dari bagian tengah ke belakang. Hal itu berkat desain berkonsep `Expansible Cockpit’ yang dirancang untuk memberikan perpaduan antara kabin lapang, rasa personal, serta fungsionalitas.

Rasa personal dari coupe bahkan menjadi jiwa interior HR-V, selain mengoptimalkan ruang layaknya MPV.Fungsionalitas kabin kian mumpuni dengan dukungan fitur ultra seat yang memungkinkan berbagai konfigurasi tempat duduk dan ruang kargo.

Adapun karakter sebuah crossover dari HR-V ditunjukkan salah satunya oleh ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 185 mm untuk varian mesin 1.8 liter. Begitu juga dengan wheelbase sepanjang 2.610 mm dengan tinggi optimal yang menghasilkan kemampuan bermanuver sekaligus stabilitas yang baik.

Honda menyematkan pula dua fitur baru yang untuk pertama kalinya diaplikasikan pada mobil Honda di Indonesia, yakni elec tric parking brake dan auto brake hold.

Dengan spesifikasi dan fitur seperti itulah Honda HR-V tampil percaya diri di Paris Motor Show sebagai pintu masuk me reka menyerbu pasar Eropa. (Pun/S-6) Media Indonesia, 9/10/2014, hal : 23

About AdeS

Manager Gloria Rent Car Cabang DKI Jakarta. AdeS
This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.