Tiga Angkot Nakal Dikandangkan

PEMERINTAH daerah telah menetapkan penaikan tarif angkutan umum reguler secara resmi, tapi masih ada awak angkutan yang memungut ongkos melebihi ketentuan. Ulah mereka merugikan pengguna sehingga petugas menindaknya tegas, antara lain dengan mengandangkan angkutan yang sopirnya nakal itu.

Tindakan tegas itu antara lain dilakukan Dinas perhubungan (Dishub) Kota Depok, Jawa Barat, Selasa. Tiga angkutan kota (angkot) yang beroperasi di kota itu dikandangkan karena awaknya menaikkan ongkos di luar surat keputusan (SK) penaikan tarif yang ditandatangani Wali Kota Nur Mahmudi Ismail, yaitu sebesar 25% dari tarif yang berlaku sebelumnya.

Angkot yang dikandangkan, antara lain nomor trayek D-6 jurusan Simpang Depok-Terminal Margonda dan angkot nomor 04 jurusan Depok Timur-Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Angkot terkena razia petugas gabungan dishub dan Polres Depok di Jalan Tole Iskandar, Pancoran Mas, depan Perumahan Kasabela. [baca juga Sopir Angkot Nakal di Depok Ditindak]

Angkot D-6 dikandangkan karena memaksa penumpang yang turun di depan Perumahan Kasabela untuk membayar ongkos lebih tinggi. Penumpang membayar Rp4. 000, karena menumpang sejauh 500 meter, tetapi sopir angkot marah dan minta dibayar Rp5. 000.

Di tempat yang sama, petugas juga akhirnya mengandangkan angkot 04 jurusan Depok Timur-Pasar Minggu karena sopirnya meminta ongkos ke pe numpang yang naik dari Jalan Bahagia Raya. Penumpang dipaksa membayar Rp6. 000, tapi penumpang hanya membayar Rp5. 000 lantaran hanya menumpang 1 kilometer.

Karena penumpang tidak mau menambah ongkos, sopir angkot itu turun dari angkotnya dan melontarkan kata-kata kasar hingga terjadi keributan. “Saya bersedia membayar ongkos Rp6. 000, kalau naik dari Depok Timur dan turun di Pasar Minggu,“ ujar penumpang itu.

Sekretaris Dishub Kota Depok Nasrun ZA mengatakan jajarannya terus menertibkan angkot nakal dan menempelkan stiker daftar tarif baru di pintu angkot. Tujuannya, memudahkan penumpang mengetahui tarif baru yang ditetapkan Pemerintah Kota. (KG/J-3) Media Indonesia, 27/11/2014, halaman 9

About AdeS

Manager Gloria Rent Car Cabang DKI Jakarta. AdeS
This entry was posted in Transportasi and tagged . Bookmark the permalink.