Berjalin Hijaukan Jakarta

Berbagai pohon buah ditanam di lahan seluas 41 hektare milik marinir oleh Pemkot Jakarta Selatan dan ratusan anggota Marinir Cilandak, Jakarta Selatan.

DI lahan pelatihan mi lik Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, akan tumbuh ratusan pohon dengan berbagai jenis.Pohon-pohon berkayu keras tersebut ditanam atas inisiatif relawan yang berasal dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan dan Marinir Cilandak Jakarta Selatan pada Jumat (5/12).

Pohon yang ditanam tidak hanya akan membuat lahan seluar 41 hektare itu menghijau, rindang, dan mampu menyimpan air. Pohon-pohon itu akan menghasilkan buah-buahan yang melimpah dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.
Topografi tanah yang berundak-undak ditanami dua jenis pepohonan. Di sisi kanan, tanah ditanami dengan pohon buah seperti mangga, bisbul, manggis, picung, boni, durian, duku, sukun, petai, dan jambu bol. Sementara itu, di sisi kiri, tanah ditanami pohon penyangga seperti mahoni yang dalam jumlah banyak bisa mengurangi polusi udara hingga 69 persen dan trembesi yang mampu menyerap air tanah dengan kuat.

Pohon trembesi juga disebut sebagai ki hujan dan pohon hujan. Karena daunnya akan terlipat pada saat malam hari dan ketika cuaca hujan, jenis pohon tersebut juga sering disebut sebagai pohon pukul lima.

Ratusan PNS Pemkot Jaksel dan ratusan anggota Marinir Cilandak, pada saat acara peringatan Bulan Menanam Jakarta Selatan berlangsung, terlihat riang melakukan penanaman pohon. Mereka yang mengenakan kaus berwarna hijau dan putih bertuliskan `Banyak pohon banyak rezeki’ memperlengkapi diri dengan alat menanam seperti cangkul, sekop, ember berisi air, pupuk, antiseptik, dan handuk yang disediakan dalam acara tersebut.

Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor mengungkapkan kegiatan Bulan Menanam Jakarta Selatan tersebut sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Peringatan dan aksi tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung gerakan penanaman satu miliar pohon. Pihak pemkot sebelumnya telah melakukan penanaman di beberapa lokasi potensial seperti di Asrama TNI Pesanggrahan. Tahun depan, masih dalam rencana, pihaknya akan melaksanakan penanaman pohon di kawasan Srengseng.“Saat ini yang kita tanam di lokasi ini sebanyak 350 pohon berbagai jenis dari pohon produktif dan nonproduktif,“ ujarnya.

Dia juga menegaskan masih melihat adanya lahan-lahan kosong yang dapat ditanami pohon sehingga ke depan penanaman pohon di Jakarta Selatan itu akan terus digencarkan.Apalagi, saat ini Pemkot Jaksel tengah mengintensifkan penanggulangan banjir. Menurutnya, dalam satu tahun terakhir, pihaknya telah menanam sebanyak 16 ribu pohon.

Sementara itu, Komandan Marinir Cilandak Brigjen TNI Marinir Denny Kurniadi menyatakan sangat mensyukuri adanya penanaman pohon dalam Bulan Menanam Jaksel di wilayah Kompleks Marinir Cilandak. Menurutnya, pihaknya masih membutuhkan tempat hijau sebanyak mungkin, terlebih di tempat pelatihan marinir saat ini supaya dapat menambah kesejukan. Hal itu juga menghasilkan oksigen di wilayahnya.

“Sebenarnya tempat kita ini sudah hijau. Akan tetapi, dengan adanya penanaman pohon ini, wilayah kita akan semakin hijau. Semakin hijau ini kan semakin bagus,“ ujarnya. (J-4) Media Indonesia, 13/12/2014, halaman 9

About AdeS

Manager Gloria Rent Car Cabang DKI Jakarta. AdeS
This entry was posted in News and tagged . Bookmark the permalink.