Jalur Ganda KA Larangan-Ciledug Tuntas

PROYEK pembangunan double track (jalur ganda) kereta api (KA) lintas selatan Jawa untuk Larangan-Ciledug sudah beroperasi. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanakan pemindahan wesel pada lintasan sepanjang 31 kilometer (km) tersebut.

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) jalur dan bangunan wilayah I Direktorat Prasarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Heru Wisnu Wibowo mengatakan jalur ganda lintas selatan Larangan-Ciledug merupakan bagian dari koridor Cirebon-Prupuk sepanjang 74 km.

Adapun Cirebon-Pupuk merupakan segmen pertama pembangunan jalur ganda KA lintas selatan Jawa untuk koridor Cirebon-Kroya yang panjangnya mencapai 158 km. Tahap kedua yakni lintasan Prupuk-Purwokerto yang sudah memiliki rel ganda. Pembiayaan proyek tersebut menggunakan dana APBN.

Kini tersisa pembangunan jalur ganda KA lintas selatan Jawa untuk PurwokertoKroya yang belum dikerjakan. Jalur yang saat ini masih single track tersebut masuk dalam pembangunan tahap ketiga.

“Karena ada pekerjaan terowongan, kontraktor masih mempelajari,” ujar Heru di Stasiun Ciledug, Jawa Barat, kemarin.
Menurut rencana, pembiayaan pembangunan jalur ganda kereta api lintas selatan Jawa Purwokerto-Kroya menggunakan sukuk negara berbasis proyek sebesar Rp1,2 triliun pada tahun depan.

Kemehub telah menyelesaikan pembangunan rel ganda KA lintas selatan Jawa pada Kutoarjo-Yogyakarta serta Yogyakarta-Surakarta.

Kepala Satuan Kerja Pembangunan jalur ganda lintas selatan Cirebon-Kroya Wicaksono Indarto menambahkan pembangunan jalur ganda KA lintas selatan Jawa pada Cirebon-Surabaya ditargetkan rampung pada 2017.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Len Railway Systems Dewayana Agung menginginkan persi nyalan untuk jalur ganda KA lintas selatan Jawa dengan sistem interlocking Len.

Teknologi tersebut sebelumnya diaplikasikan untuk rel ganda KA lintas utara Jawa. (Bow/E-1) Media Indonesia, 16/12/2014, halaman 18

About AdeS

Manager Gloria Rent Car Cabang DKI Jakarta. AdeS
This entry was posted in Transportasi and tagged . Bookmark the permalink.