Lalu Lintas di Tol Cikampek Padat

Mengantisipasi kemacetan lebih parah, pihak kepolisian melakukan pengalihan arus melalui jalur tengah Sadang-SubangCikamurang-Cirebon. Ribuan antrean kendaraan hingga kini masih memadati di 6 dermaga Pelabuhan Merak.
TINGGINYA volume kendaraan dari arah Jakarta menuju jalur pantura Jawa Barat membuat situasi arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek terus mengalami kepadatan. Bahkan, antrean dan kemacetan mengular hingga beberapa kilometer di ruas Tol Cikampek.

Selain di ruas tol, kemacetan parah terjadi di wilayah Jomin. Untuk mengantisipasi kemacetan lebih parah, polisi melakukan pengalihan arus melalui jalur tengah Sadang.

Antrean dan kemacetan terjadi akibat adanya penumpukan arus di pintu keluar Tol Cikampek menuju pantura Jawa Barat. Kepadatan arus kendaraan bertepatan dengan perayaan hari Natal.

Untuk mengantisipasi kemacetan lebih parah di ruas Tol Jakarta-Cikampek, kepolisian melakukan pengalih an arus melalui jalur tengah Sadang-Subang-CikamurangCirebon. “Untuk mengantisipasi kemacetan di gerbang tol, kami melakukan pengalihan arus melalui lajur Sadang-Subang,“ kata Kapospol Cikopo Aiptu Sumadi, kemarin.

Kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas juga terjadi di jalur Tasikmalaya menuju Bandung, Jawa Barat. Namun, arah Bandung menuju Tasikmalaya lingkar Gentong ataupun jalur lama berjalan lancar.

“Arus lalu lintas di jalur lingkar Gentong maupun jalur lama tetap lancar dari mulai dari arah timur menuju barat, tapi situasi masih terkendali dan tidak terjadi kemacetan,“ kata Kepala Satuan Lalu Lintas, Polresta Tasikmalaya, AKP Iskandar, kemarin.

Ia mengatakan kepadatan arus kendaraan terjadi di jalur lintas provinsi berada di jalur Garut dan Nagreg akibat serempaknya pengguna jalan yang hendak kembali ke daerah asalnya untuk berlibur Natal mengunjungi beberapa objek wisata di Tasikmalaya atau Pantai Pangandaran, Ciamis.

Iskandar mengatakan pe ngendara sepeda motor atau pun kendaraan pribadi yang melintasi jalur Tasikmalaya arah Ciamis menuju Jawa Tengah agar hati-hati karena jalan yang dilalui dalam keadaan licin.

“Mobil yang melintas di jalur lama Gentong banyak kendaraan lambat karena melihat kondisi cuaca turun hujan dan jalan licin. Jadi, mereka sangat berhati-hati,“ katanya.

Selain itu, jalur alternatif yang biasanya digunakan pengemudi motor ataupun kendaraan pribadi bisa melakukan perjalanan dari arah Tasikmalaya menuju arah Jalan Ir Juanda arah Singaparna menuju Garut. Di pelabuhan Antrean kendaraan juga memadati 6 dermaga Pelabuhan Merak, Cilegon, dan Banten untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru.

Dari pantauan kemarin, ribuan antrean kendaraan hingga kini masih memadati di 6 dermaga Pelabuhan Merak untuk segera diseberangkan ke Pulau Sumatra.

Mereka para pemilik kendaraan berjalan tertib. Mulai pintu gerbang hingga pelataran dermaga I sampai VI, untuk menunggu giliran naik kapal roll on roll off atau roro. Diperkirakan, kendaraan berbagai jenis, seperti roda 4, roda 2, bus, dan truk jumlahnya di atas 4.000 unit.

“Kami bekerja keras untuk mengatur lalu lintas agar penyeberangan berjalan lancar,“ kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Merak, Mario S Oetomo, saat dihubungi di Merak, kemarin.

Menurut dia, secara umum penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, lancar meski terjadi antrean sejak malam hingga sore ini. Kemungkinan puncak liburan Natal dan Tahun Baru pada Sabtu (27/12) dan Minggu (28/12). (AD/Ant/N-1) Media Indonesia, 26/12/2014 halaman 11

About AdeS

Manager Gloria Rent Car Cabang DKI Jakarta. AdeS
This entry was posted in Transportasi and tagged . Bookmark the permalink.