Mobil Baru, Bensinnya pun Mesti Bagus

Bensin beroktan di atas 90 diperlukan agar ikatan cabang molekulnya tidak mudah putus saat menerima tekanan kompresi yang tinggi sehingga bisa bekerja maksimal sesuai gerakan piston.
MOBIL boleh saja keluaran terbaru dengan harga ratusan juta rupiah. Tapi, jika memakai bensin dengan oktan rendah, apa tidak sayang?

Mobil-mobil model terbaru yang ada di pasar otomotif Indonesia saat ini bisa memiliki kompresi mesin 10:1 sampai 13:1.Semakin tinggi rasio kompresi mesin sebuah mobil, semakin irit dan ramah lingkungan pula mobil tersebut.
Meski demikian, hal tersebut baru dapat dicapai secara maksimal dengan penggunaan bahan bakar minyak yang tepat, yakni yang memiliki oktan di atas research octane number (RON) 90, dan Pertamax menjadi salah satu pilihan karena memiliki RON 92.

Bensin beroktan di atas 90 diperlukan agar ikatan cabang molekulnya tidak mudah putus saat menerima tekanan kompresi yang tinggi sehingga bisa bekerja maksimal sesuai gerakan piston. Pembakaran pun pada akhirnya menjadi lebih sempurna dan tenaga yang dimiliki mobil tersebut dapat dikeluarkan sepenuhnya.

Memang, saat ini ada kendaraan di segmen low yang masih mampu `meminum’ bensin beroktan rendah. Tapi, bensin dengan oktan rendah akan menimbulkan bahaya laten pada sang `roda empat.

Pasalnya, bensin beroktan rendah akan meninggalkan kerak pada ruang bakar dan piston sehingga memperberat sistem operasional mesin. Selain dapat mempersingkat usia suku cadang dan menambah biaya servis, konsumsi bensin juga menjadi lebih boros. Akhirnya, niat untuk membeli bensin yang lebih murah untuk menghemat biaya operasional sehari-hari pun tidak dapat tercapai.

Apa saja keuntungan memakai Pertamax?
Pertamax adalah bahan bakar tanpa timbal yang diracik Pertamina dengan ecoSave technology formula untuk semakin membuatnya mampu menghasilkan e siensi konsumsi bahan bakar kendaraan.

Tidak mengherankan jika Pertamax dilengkapi dengan kandungan aditif detergency generasi terbaru. Campuran itu dimaksudkan untuk membersihkan intake valve port fuel injector, karburator, atau ruang bakar dari kerak karbon.
Kandungan aditif di dalam Pertamax juga memiliki sifat demulsifer dan corrotion inhibitor.Dengan dua karakteristik ini, Pertamax memiliki kemampuan untuk menjaga kemurniannya dari air plus mencegah timbulnya korosi (karat) pada saluran dan tangki bahan bakar.

Tak heran pula jika Pertamax pada akhirnya mampu memberikan penghematan penggunaan BBM sampai 2-3 persen (tergantung kondisi) jika dibandingkan dengan bensin beroktan rendah, membuat mesin dapat melakukan pembakaran sempurna sehingga tenaga yang diproduksi oleh mesin lebih optimal, sampai menjaga kebersihan ruang bakar serta mencegah terjadinya mesin yang “menggelitik“. (Xan/S-25) Media Indonesia, 22/12/2014 halaman 3

About AdeS

Manager Gloria Rent Car Cabang DKI Jakarta. AdeS
This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.