Tarif akan Diberlakukan per Zona

TIKET single trip bus Trans-Jakarta hampir dipastikan bakal diberlakukan PT Trans-Jakarta mulai tahun depan, selain tiket elektronik yang berlaku saat ini. Tarif tiket untuk mereka yang tidak selalu memanfaatkan angkutan massal tersebut sebesar Rp3.500 untuk sekali jalan.

“Dari hasil evaluasi, kami melihat banyak masyarakat mengeluhkan sistem tiket elektronik. Keluhan itu mayoritas berasal dari mereka yang hanya sesekali menggunakan bus Trans-Jakarta atau dari masyarakat yang saat itu hanya membawa uang sedikit sehingga tidak bisa membeli kartu elektronik yang disediakan enam bank mitra,” kata Direktur Utama PT Trans-Jakarta Antonius NS Kosasih, saat dimintai konfirmasi tentang rencana pemberlakuan tiket single trip.
Terlebih, ujarnya, pada akhir Desember ini seluruh koridor dipastikan bebas dari tiket kertas dan semua transaksi pembayaran dilakukan menggunakan tiket elektronik.

Menurutnya, tiket single trip bus TransJakarta tidak jauh berbeda dengan tiket serupa yang diterapkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter Jabodetabek. Tiket tersebut memiliki mode berjaminan harian. Bila penggunaan tiket single trip telah berjalan lancar, mungkin tarif akan diberlakukan berdasarkan zona.

“Tahap pertama diterapkan, tentu harganya masih sama seperti yang dahulu (Rp3.500). Namun, nanti setelah berjalan dengan baik, bisa saja akan dibuat per zona,” ucap Kosasih. Karena itu, tambahnya, saat ini pihaknya masih berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi DKI dan Dinas Perhubungan DKI untuk menentukan tarif serta formulasi penerapan sistem yang tepat.

Meski belum dapat menjelaskan lebih detail soal penerapan tarif yang akan dibagi per zona, ia sedikit menggambarkan bahwa di masa mendatang tarif bus Trans-Jakarta akan dibebankan sesuai dengan jarak tempuh. Penerapan sistem tersebut juga dilakukan bertahap setelah melalui uji coba dan evaluasi.

Menurutnya, tiket single trip akan dibuat sendiri oleh PT Trans-Jakarta dan bukan oleh bank yang bermitra dengan perusahaan angkutan umum tersebut. Kelebihannya, kartu tiket tersebut dapat meningkatkan pelayanan terhadap penumpang, antara lain PT TransJakarta dapat menciptakan kartu khusus untuk para guru, orang lanjut usia, dan murid sekolah. (Tes/J-3) Media Indonesia, 16/12/2014, halaman 7

About AdeS

Manager Gloria Rent Car Cabang DKI Jakarta. AdeS
This entry was posted in Transportasi and tagged . Bookmark the permalink.